Sunday, March 13, 2016

Memahami Jaringan Komputer

Ternyata jaringan komputer memiliki kesan yang sangat panjang, komputer yang sekarang berkembang begitu cepat dari pengkabelan saat ini sudah berkembang menggunakan alat tanpa kabel alias sinyal, mungkin dulu menggunakan sharing antar perangkat tanpa kabel itu kita kenal dengan bluetut atau infreared semacam itu.

Tapi kini metode jaringan komputer memang tidak bisa lepas, lebih tepatnya masih belum lepas karena jaringan komputer memiliki peran tersendiri dari perkembangan itu. Mungkin teknisi katro akan lebih ngebahas lebih dalam lagi dengan memahami jaringan komputer itu dan bagaimana ia bisa bekerja dengan baik hingga saat sekarang ini.

Untuk itulah pemula membutuhkan pemahaman tentang jaringan komputer lebih dekat lagi, dengan memahami beberapa dasar tentang sebuah jaringan komputer yang sudah kian maju, tapi dengan sedikit mundur kebelakang saja.

Mari kita mulai untuk memahami jaringan komputer


Anda memiliki banyak cara untuk menghubungkan komputer secara bersama-sama untuk menciptakan jaringan komputer namun hanya dua metode utama yang menghubungkan yaitu kabel dan gelombang udara (nirkabel) atai wireless. Setiap metode jaringan memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang tentunya dapat anda pilih mana yang menurut anda paling cocok untuk digunakan, biasanya tergantung kebutuhan suatu tempat.

Menggunakan Kabel (Ethernet): Semua komputer terhubung ke router dengan, kesulitannya pada mengatur kabel jaringan. Namun, jaringan kabel memberikan kecepatan akses jaringan yang lebih cepat daripada jaringan nirkabel, dan lebih sederhana daripada nirkabel dalam arti bahwa Anda tidak harus belajar berbagai istilah teknis untuk memahaminya.

Jaringan komputer jenis pengkabelan menggunakan perangkat yang disebut router yang dapat menghubungkan Anda ke koneksi Internet. Anda menghubungkan semua komputer langsung ke router dengan kabel khusus yang disebut kabel Ethernet. Router mendistribusikan akses Internet diantara komputer yang terhubung. Selain itu, router berfungsi sebagai pengendali untuk komunikasi antara komputer, pasti agak pusing kalau belum liat langsung.

Gambar Berikut menunjukkan, dasar jaringan berbasis kabel Ethernet.

memahami jaringan komputer


Keuntungan dari model jaringan ini adalah konsepnya sangat sederhana dan hanya sedikit pemahaman teknis yang dibutuhkan jaringan komputer. Yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan kabel antara komputer dan router, jangan sampai salah saat pembuatan kabel jaringan harus benar pengurutan pembuatan pengkabelan RJ45 sesuai standard.

Keuntungan lain jaringan kabel adalah bahwa kecepatan jaringan bisa jauh lebih tinggi daripada jaringan nirkabel. Kecepatan bisa mencapai hingga 1.000 Mbps (megabit per detik) untuk koneksi kabel, tetapi hanya sekitar 100 Mbps untuk koneksi nirkabel/wifi.

Megabit per detik (Mbps) adalah unit umum ukuran untuk kecepatan di mana data atau
informasi ditransfer pada jaringan komputer.

Di sisi lain, kekurangannya adalah bahwa Anda harus merentangkan kabel. Ini berarti bahwa untuk setiap komputer yang diinginkan pada jaringan, Anda harus menjalankan kabel dari setiap komputer menuju router.

Jika semua komputer di ruang yang sama, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi jika komputer lain ada diruangan lain yang berjauhan, instalasi kabel ini memerlukan beberapa perencanaan dan waktu.

Jika anda memutuskan membangun jaringan Ethernet kabel, Anda memerlukan
hardware berikut ini:

1) Wired router atau Router kabel

Router jenis ini adalah jantung dari jaringan komputer. Anda menggunakan satu router yang terletak di tengah rumah atau kantor Anda yang akan menghubungkan tiap komputer ke jaringan, sehingga Anda menghemat jumlah dan panjang kabel yang diperlukan untuk menghubungkan komputer.

2) Network cards (Kartu jaringan)

Kartu ini dipasang dalam komputer Anda dengat fasilitas port Ethernet, yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan antara komputer dan router.

3) Ethernet cable atau Kabel Ethernet

Ini adalah kabel yang menghubungkan antara router dengan jaringan komputer. Anda dapat menggunakan salah satu dari dua kategori kabel Ethernet populer: Cat5e atau Cat6. Connecters pada kabel ini disebut RJ-45. Bila ingin mencobanya memang harus segera dipraktekan agar tidak bingung.

Mungkin dengan sedikit penjelasan tentang memahami jaringan komputer bisa membuka gambaran setidaknya gak terlalu blank banget ketika nanti akan mencoba membangun jaringan komputer sendiri.

No comments:

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...